Sabtu, 12 Januari 2013

MATAHARI


Matahari adalah sebuah bintang yang terdekat dari bumi. Jarak rata-rata bumi ke matahari adalah 149 600 000 km. Jarak ini disebut sebagai satu satuan astronomi  (SA atau AU = astronomical unit). Jarak benda-benda langit yang lain ke bumi biasa juga dinyatakan dalam satuan SA ini. Dalam tata surya, matahari merupakan pusat dan penggerak anggota-anggotanya. Karena pengaruh gaya gravitasi matahari, semua planet beredar mengelilingi matahari, demikian juga benda-benda angkasa lainnya seperti komet. Matahari sendiri juga berotasi pada sumbunya dengan arah rotasi sesuai dengan arah rotasi sebagian planet dan satelit. Periode rotasi pada bagian ekuator matahari adalah sekitar 34 hari., sedangkan rotasi di kutubnya memerlukan waktu sekitar 27 hari. Perbedaan itu dikarenakan matahari berbentuk gas, sehingga bagian ekuator dan bagian kutubnya mempunyai gerak yang berbeda.
Matahari adalah salah satu bintang di antara jutaan bintang yang menghiasi galaksi Bima Sakti. Matahari bukanlah bintang yang besar, tetapi karena letaknya dari bumi lebih dekat dibandingkan dengan bintang-bintang yang lain, maka matahari tampak seperti sebuah bola bercahaya yang besar, sedangkan bintang-bintang yang lain tampak seperti titik-titik bercahaya.
Sumber panas dan cahaya matahari berasal dari reaksi fusi, yaitu penggabungan inti-inti hidrogen dan helium pada suhu yang sangat tinggi. Suhu di pusat matahari adalah sekitar 35 juta derajat celcius. Panas ini merambat dari bagian dalam ke bagian luar bola matahari. Suhu di permukaan matahari adalah sekitar 6000 derajat celcius. Panas inilah yang dipancarkan ke ruang angkasa hingga akhirnya mencapai permukaan bumi.
Sumber: buku IPA FISIKA SMA TERPADU kelas 10 PENERBIT ERLANGGA PENULIS BOB FOSTER
(dengan pengubahan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar